Saturday 16 June 2012

Resensi buku novel tugas bahasa indonesia kelas IX


RESENSI BUKU NOVEL

JUDUL BUKU                                    : USMAN BIN AFFAN
PENULIS                                           : AHMAD MUHAMMAD HUSAIN HAEKAL
PENERBIT                                         : PT. PUSTAKA LITERA ANTARNUSA
TAHUN TERBIT                                : 1964
TEBAL                                                : 170 HALAMAN (1)

Ahmad Muhammad Husain Haekal adalah salah seorang penggemar alkisah dari USMAN BIN AFFAN. Didalam novelnya dia lebih menceritakan tentang peristiwa majelis syura untuk pemilihan khalifah pengganti khalifah UMAR BIN KHATAB. Di dalam novel ini mampu membuat pembaca merasa seperti terhanyut dan terbawa kedalam cerita di dalamnya.
Novel karya Ahmad Muhammad Husain Haekal dengan tebal buku 170 halaman ini mengandung sebuah kisah yang sangat menarik. Diuraikan rangkuman peristiwa Persaingan antara banu hasyim dan banu ummayah memperebutkan jabatan khalifah. Sampai di pilih dan di lantiknya usman. Delima pertama yang di hadapinya menyelesaikan masalah hukum setelah umar. Sampai terjadinya pengolakan di beberapa daerah sikap bahu hasyim terhadap pemerintahan usman dan sikap kabilah kabilah terhadap kekuasaan kuraisy.
Gaya bahasa yang digunakan pengarang dianggap sebagai gaya bahasa yang cukup baik dan menarik, didalamnya selain menggunakan bahasa Indonesia juga menggunakan bahasa Arab yang membuat pembaca mengerti betul bahwa kisah itu benar benar ada. Alur yang terdapat didalam novel ini adalah alur campuran,namun lebih dominan menggunakan alur mundur, sehingga lebih membuat pembaca lebih unik untuk membaca novel ini.
Munculnya tokoh tokoh misterius dalam cerita ini membuat si pengarang bingung yang lebih banyak di warnai oleh ambisi politik, disusul kemudian dengan timbulnya fitnah dan peristiwa tragis sampai khalifah usman sendiri yang tidak bermasalah harus menjadi korban. Namun khiasa dalam kalimat membuat cerita ini sedikit terasa sulit.
Novel ini banyak mengandung amanat yang bermanfaat bagi para pembaca. Hal yang terpenting dari novel ini adalah kita dapat menteladani sikap jujur dan sabar. Mengajarkan kita agar berani bertanggung jawab.Walaupun begitu, buku ini layak di baca untuk orang muslim karena cerita ini tetap memikat dan penuh dengan muatan pesan yang dapat direnungkan dan di terjemahkan lebih dalam.


BAGI YANG ADA DALAM MASALAH PERCINTAAN KUNJUNGILAH WEB BLOG YANG SATU INI NICH!!! Kunjungi lah

No comments:

Post a Comment

THANKS FOR VISITED